Beranda » LSM Garda Bekasi Nyatakan Sikap Netral di Pilkada Kab.Bekasi Tahun 2024

LSM Garda Bekasi Nyatakan Sikap Netral di Pilkada Kab.Bekasi Tahun 2024

JPM Kabupaten Bekasi – Menjelang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) yang akan dilaksanakan pada 27 November 2024 nanti. Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Garda Bekasi menjalin kerjasama atau berkolaborasi dengan KPU dengan melaksanakan acara sosialisasi pendidikan pemilih, tentunya kegiatan ini dihadiri oleh Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kabupaten Bekasi yang diwakili Muchamad Iqbal, Ketua Bawaslu Kabupaten Bekasi Akbar Khadafi, serta Ketua Umum dan seluruh anggota LSM Garda Bekasi. Acara ini dilakukan di Aula Desa yang terletak di Jalan Kihajar Dewantara, Desa Karangasih, Kecamatan Cikarang Utara, Kabupaten Bekasi. Pada Minggu (20/10/24).

Ketua Umum LSM Garda Bekasi, Samsudin mengucapkan, acara ini bertepatan langsung dengan acara pelantikan Presiden dan Wakil Presiden RI Probowo – Gibran periode 2024 – 2029. Tentunya dengan ini tak lupa dirinya mengucapkan selamat atas dilantiknya Presiden dan Wakil Presiden Republik Indonesia periode tahun 2024-2029.

“Sebelumnya saya mengucapkan Selamat kepada pak Prabowo dan mas Gibran atas dilantiknya menjadi Presiden dan Wakil Presiden Republik Indonesia, karena bagaimana pun LSM Garda Bekasi menjadi satu Garda terdepan untuk kemenangan 02 kemarin, dan itu menjadi sejarah untuk LSM kami,” ujar Samsudin kepada awak media seusai kegiatan dilakukan.

Pria bertopi koboi ini mengungkapkan, pada pelaksanaan Pilkada Kabupaten Bekasi tahun 2024 LSM Garda Bekasi menyatakan sikap netral nya, untuk tidak mendukung atau pun berpihak kepada salah satu Paslon Bupati Bekasi.

“Jika ditemukan di kemudian hari, ada kader LSM Garda Bekasi siapapun itu yang mendukung atau menyatakan sikap kepada salah satu Paslon Cabup Bekasi, maka secara tegas kami akan mencopot dan mengeluarkan dari organisasi LSM Garda Bekasi,” kata Samsudin.

Selain itu, Samsudin mengatakan, acara sosialisasi ini bertujuan untuk mencerdaskan kader kader LSM Garda Bekasi, agar memahami aturan dan tahapan yang ada menjelang Pilkada Kabupaten Bekasi tahun 2024 ini.

“Kegiatan sosialisasi ini penting untuk kita semua, karena setelah kita mengetahui tahapan dan aturan tentunya bisa bermanfaat untuk diri kita sendiri kedepannya maka dari itu sikap netral ini jangan sampai di salah gunakan harus mampu di mengerti pada semua kader,” paparnya.

Tidak berpihak kepada Paslon manapun dan tidak boleh menyatakan sikap keberpihakan kepada Paslon di Pilkada Kabupaten Bekasi tahun 2024, bukan berarti harus tidak memilih, Samsudin mengajak, kepada seluruh anggota LSM Garda Bekasi, untuk menggunakan hak pilihnya di Pilkada Kabupaten Bekasi yang akan dilaksanakan pada tanggal 27 November nanti, agar tidak golput.

“Hindari perdebatan yang mampu memecah belah tali persaudaraan hanya lantaran pilkada ini, tetap tegak lurus siapapun yang akan menjadi Bupati Bekasi, kita selaku sosial kontrol akan selalu melakukan monitoring kepada mereka yang terpilih nanti, maka dari pada semua anggota untuk memakai hak pilihnya dengan datang ke TPS pada tanggal 27 November 2024 ini,” tandasnya.

Sementara itu ditempat yang sama, Delegasi KPUD Kabupaten Bekasi, Muchamad Iqbal mengungkapkan, dalam sosialisasi ini Garda Bekasi menyatakan sikap netral nya, tetapi agar tetap memakai hak politik nya pada Pilkada Kabupaten Bekasi tahun 2024 ini.

“Ini merupakan sikap Politik dari LSM Garda Bekasi, namun saya tadi sempat sampaikan kepada seluruh anggotanya untuk melakukan hak pilihnya untuk tetap wajib dijalankan untuk memilih kepala daerah,” ujarnya.

Iqbal mengatakan, bahwa jumlah ormas dan LSM yang menggelar sosialisasi ini kurang lebih ada 50-60 organisasi ormas dan LSM.

“Itu semua tersebar tidak hanya kepada organisasi LSM, akan tetapi pada ormas keagamaan, kepemudaan, serta juga ormas – ormas yang menjalin baik dengan KPU Kabupaten Bekasi,” paparnya.

Sementara itu Ketua Bawaslu Kabupaten Bekasi, Akbar Khadafi mengatakan, dirinya menyampaikan bahwa kehadirannya di undang oleh LSM Garda Bekasi dalam acara sosialisasi kepada masyarakat khususnya para kader LSM Garda Bekasi menjelang Pilkada 2024 tahun ini.

“Bahwa hari ini adalah tahapan kampanye yang sudah berjalan di 28 hari, tentunya kami berharap agar Garda Bekasi mampu memberikan kontribusi dalam mengawasi seluruh tahapan pilkada ini,” harapnya.

Jaringanpublik.com

Editor  : Tiar

6 thoughts on “LSM Garda Bekasi Nyatakan Sikap Netral di Pilkada Kab.Bekasi Tahun 2024

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

TOP