Beranda » Inkastra Geruduk PT Adhimix Precast Indonesia Pertanyakan IMB dan Amdal Perusahaan

Inkastra Geruduk PT Adhimix Precast Indonesia Pertanyakan IMB dan Amdal Perusahaan

Jaringanpublik.com, Kab. Bekasi – Terkait pencemaran lingkungan yang dilakukan oleh salah satu perusahaan Batching Plant, sejumlah mahasiswa yang tergabung dalam Insitut Kajian Strategis (INKASTRA) menggruduk PT Adhimix Precast Indonesia di Jalan inspeksi Kalimalang Desa Cibatu, Kecamatan Cikarang Selatan, Kabupaten Bekasi, Jum’at (15/22/2023) siang.

Massa aksi merasa terganggu dengan aktivitas yang dilakukan perusahaan tersebut, pasalnya, menimbulkan debu yang pengaruh pada kesehatan.

Selain itu, semen coran yang tumpah dan membuat gundukan semen kering di jalanan dapat mengakibatkan kecelakaan lalulintas bagi pengguna jalan sekitar.

Di samping itu, mereka (massa aksi) juga mempertanyakan terkait izin mendirikan bangunan (IMB) dan Amdal yang dimiliki perusahaan tersebut.

“Kami tidak menghalangi investor masuk, asal sesuai dengan aturan yang ada dan menghormati serta menghargai warga sekitar dalam membangun investasi jangan sampai dampak dari pembangunan itu merugikan masyarakat banyak,” kata K oordinator Aksi, Fauzan di lokasi.

Sejumlah Mahasiswa yang Tergabung dalam Institut Kajian Strategis (Inkastra) Geruduk PT Adhimix Precast Indonesia Pertanyakan IMB dan Amdal Perusahaan Terkait Polusi yang Tercemar. Foto: Dok

Menanggapi hal tersebut, perwakilan PT Adhimix Precast Indonesia, Mul, selaku K3 menemui massa aksi dan melakukan mediasi.

“Bicara tumpahan, pihak kami sudah melakukan upaya secara benar dengan memasangkan kondom di setiap mobil perusahaan agar coran tidak tumpah ke jalan. Kalau masalah debu kami sudah melakukan upaya penyiraman agar debu tidak lagi bertaburan di jalan meskipun upaya itu belum maksimal, kami ke depannya akan mencari solusi agar meminimalisir sebesar mungkin debu ini hilang,” bebernya.

Dalam aksi tersebut, massa aksi juga meminta Amdal dan Izin Mendirikan Bangunan (IMB) yang dimiliki oleh perusahaan untuk dikaji kebenarannya apakah sudah sesuai regulasi atau belum.

“Kami juga meminta dalam 3 hari ke depan perusahaan menyerahkan IMB dan Amdal yang dimiliki karena kami menduga adanya ketidaksesuaian regulasi perusahaan dalam mengajukan IMB, dan kami akan memastikan apabila ke depannya tidak ada perubahan yang signifikan dalam menindaklanjuti masalah ini, kami akan melakukan aksi unjuk rasa kembali sampai masalah yang menyangkut masyarakat banyak ini dapat terselesaikan,” pungkas Fauzan.

Penulis: Tiar
Editor: Fajar

2 thoughts on “Inkastra Geruduk PT Adhimix Precast Indonesia Pertanyakan IMB dan Amdal Perusahaan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

TOP