Beranda » Peringati Hari Museum Nasional, Pemkab Bekasi Berikan Edukasi Sejarah di Gedung Juang

Peringati Hari Museum Nasional, Pemkab Bekasi Berikan Edukasi Sejarah di Gedung Juang

Jaringanpublik.com, Kab. Bekasi – Dinas Kebudayaan, Pemuda dan Olahraga (Disbudpora) Kabupaten Bekasi memperingati Hari Museum Nasional yang berlangsung di Museum Gedung Juang Tambun, Jumat (01/12/2023).

Acara tersebut dibuka Sekretaris Disbudpora, Juniardiana Rosatijawan mewakili Kepala Disbudpora Iman Nugraha, didampingi Kabid Kebudayaan Nur Reza Alam.

Juniardiana menyampaikan, kegiatan seperti adalah sangat positif untuk bisa mengenalkan budaya daerah. Serta menyelamatkan pusaka untuk menjaga kebersamaan sebagai upaya diplomasi dengan adanya museum.

“Ya, dengan adanya kegiatan seperti ini bisa mengenalkan sejarah budaya daerah kepada masyarakat atau generasi muda, melalui Museum Gedung Juang yang berbasis digital,” katanya.

Juniardiana mengatakan, selain mengenal sejarah gedung juang, pihaknya mendatangkan beberapa barang pusaka serta naskah proklamasi. Dengan begitu, para pengunjung akan lebih mengenal sejarah budaya apa saja yang berada di dalam museum tersebut.

“Agar bisa mengenal lebih dalam tentang sejarah budaya, didalamnya ada apa saja, bentuk teks proklamasi seperti apa, nah di sini kita tampilkan untuk memberikan pengetahuan kepada masyarakat,” ujarnya.

Kegiatan tersebut diisi Bazar UMKM dari 23 kecamatan serta hiburan untuk masyarakat Kabupaten Bekasi. Kegiatan tersebut sengaja digelar agar peringatan Hari Museum Nasional di Gedung Juang Tambun Bekasi lebih meriah lagi.

“Insyaallah ini kegiatan awal kita, nantinya kegiatan yang kedua akan lebih meriah lagi, tadi kita melihat bersama antusias masyarakat untuk menghadiri kegiatan ini sangat banyak,” ungkapnya.

Kepala Bidang Disbudpora Kabupaten Bekasi Reza Nur Alam menambahkan, kegiatan ini digelar selama dua hari mulai dari 1 Desember sampai dengan 2 Desember 2023. Tujuannya digelar kegiatan ini adalah untuk melindungi koleksi sejarah budaya daerah serta mengembangkan mengkomunikasikan kepada masyarakat.

“Bisa juga untuk kegiatan ini bisa menjaga serta melestarikan peninggalan budaya Indonesia dimasa lalu atau bisa melestarikan budaya daerah,” tambahnya.

Dia mengajak kepada masyarakat untuk menghadiri kegiatan ini, agar bisa mengetahui sejarah museum gedung juang yang dimiliki oleh Pemerintah Kabupaten Bekasi.

“Bahwa kita juga punya kebanggaan masyarakat Kabupaten Bekasi seperti kita punya tradisi serta adat istiadat yang tidak boleh dilupakan serta sejarah patut dibanggakan seperti museum gedung juang ini,” pungkasnya.

Penulis: Redaksi
Editor: Fajar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

TOP