Beranda » Tolak Perluasan TPSA Jalupang, Warga Timbun Gerbang Pemkab Karawang dengan Sampah

Tolak Perluasan TPSA Jalupang, Warga Timbun Gerbang Pemkab Karawang dengan Sampah

Jaringanpublik.com, Kabupaten Karawang – Aksi buang sampah di depan gerbang Pemkab Karawang mewarnai aksi unjuk rasa puluhan warga Desa Wancimekar Kecamatan Kota Baru menolak perluaasan Tempat Pembuangan Sampah Akhir (TPSA) Jalupang.

Koordinator aksi, Soleh mengatakan, puluhan warga Wancimekar mendatangi kantor Pemkab Karawang untuk menyampaikan aspirasi menolak perluasan TPSA Jalupang dan pengelolaan sampah yang buruk di Jalupang.

“Warga Wancimekar sangat merasakan dampak buruk adanya TPSA Jalupang, ada sekitar 12.000 Ton sampah dikirim ke Jalupang yang mengganggu kenyamanan warga, sawah-sawah warga rusak terkena air limbah sambah, belum lagi banyak warga yang terserang penyakit pernafasan karena adanya polusi udara dan bau menyengat sampah sangat menggangu,” kata Soleh, Selasa (06/02/2024).

Soleh menyampaikan, Pemkab Karawang jangan memperluas TPSA Jalupang, perluaslah lapangan pekerjaan untuk masyarakat, batalkan rencana perluasan TPSA Jalupang.

“Dalam aksi unjuk rasa ini pun kami mempertanyakan ke Pemkab Karawang terkait kompensasi untuk warga Desa Wancimekar sesuai dengan TPSA di daerah lain, karena hingga saat ini kami belum menerima kompensasi. Di sini kami menuntut keadilan,” tukasnya.

Hingga berita ini diturunkan, warga Wancimekar masih melakukan aksi dengan berorasi bergantian di depan kantor Pemkab Karawang.

Redaksi JPM
Editor: Fajar

TOP