Beranda ยป Lapas Kelas IIA Cikarang Bekerjasama Dengan Disdukcapil melakukan aktivasi Identitas Kependudukan Digital (IKD)

Lapas Kelas IIA Cikarang Bekerjasama Dengan Disdukcapil melakukan aktivasi Identitas Kependudukan Digital (IKD)

Jaringanpublik.com, Kabupaten Bekasi | Pegawai Lapas Kelas IIA Cikarang melakukan aktivasi Identitas Kependudukan Digital (IKD). Pelaksanaan aktivasi dilakukan oleh petugas dari Disdukcapil Kabupaten Bekasi, bertempat di Ruang Aula Lapas, Kamis, (16/03/2023).

Kegiatan ini merupakan tindak lanjut koordinasi yang dilakukan Kalapas Kls IIA Cikarang ( Very Johanes ) dengan Kepala Disdukcapil Kabupaten Bekasi ( Carwinda ).

Sehubungan Permendagri Nomor 72 Tahun 2022 tentang Standar dan Spesifikasi Perangkat Keras, Perangkat Lunak, dan Blangko Kartu Tanda Penduduk Elektronik serta Penyelenggaraan Identitas Kependudukan Digital, bahwa Lapas Kelas IIA Cikarang telah melakukan kegiatan Pemutakhiran data dan Registrasi Identitas Kependudukan Digital (IKD). 

Proses aktivasi Identitas Kependudukan Digital disaksikan secara langsung oleh Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kab. Bekasi didampingi Kalapas Kls IIA Cikarang. 

Very menyampaikan  bahwa melalui kerjasama ini, mampu mendorong percepatan penerapan identitas kependudukan secara digital bagi pegawai khususnya dilingkungan Lapas Kls IIA Cikarang, dimana nantinya pegawai tidak perlu lagi menggunakan e-KTP secara fisik, melainkan informasi data kependudukan sudah bisa di akses melalui sebuah aplikasi,โ€ ujar Kalapas.

Kalapas beserta jajaran melakukan kegiatan pemutakhiran data Identitas dan Registrasi pada aplikasi IKD. Terlebih dahulu dilakukan pengisian data berupa Nomor Induk Kependudukan, surel/Email petugas serta nomor telepon pengguna. Dan selanjutnya dilakukan pengambilan foto “selfie” serta validasi oleh tim verifikasi Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil. 

Kepala Disdukcapil Kab. Bekasi menyampaikan, pihaknya akan siap membantu dan bekerja sama dengan Lapas Cikarang dalam rangka pemenuhan hak kependudukan bagi para petugas lapas.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

TOP