Beranda » Lapas Kelas IIA Cikarang Melakukan Pembinaan Narapidana dengan Baris – Berbaris

Lapas Kelas IIA Cikarang Melakukan Pembinaan Narapidana dengan Baris – Berbaris

Lapas Kelas IIA Cikarang Melakukan Pembinaan Narapidana dengan Baris – Berbaris di area Lapas Kelas IIA Cikarang. Pada Senin (17/07/23). 

Jaringanpublik.com, Kabupaten Bekasi – Untuk membentuk karakter warga binaan, Petugas Lapas Kelas IIA Cikarang berikan pelatihan baris – berbaris kepada warga binaan. Pasalnya, baris berbaris adalah suatu wujud latihan fisik yang diperlukan warga binaan guna menanamkan kebiasaan dalam tata cara kehidupan yang diarahkan agar terbentuk kedisiplinan. Pelatihan ini dimulai pada pukul 09.00 WIB sampai dengan selesai dan dihadiri antara lain Wali Pemasyarakatan Yana Mulyana, Vikry Aditia Nugraha, Septianto Tri Wibowo, dan Agus Eka Nurjaman dan Turut hadir juga Komandan Jaga serta Paste Blok hunian Yudistira.

Kepala Seksi Bimbingan Narapidana atau Anak Didik (Binadik) Lapas Kelas IIA Cikarang, Muhammad Dani Firmansyah mengungkapkan, kegiatan ini bertujuan untuk membentuk kepribadian dan jiwa narapidana disiplin, patuh, dan taat bagi para narapidana.

“Tujuannya untuk membentuk kepribadian, jiwa disiplin, patuh, dan taat bagi para narapidana. Hari ini ada total 300 narapidana ikut serta dalam kegiatan ini,” ujar pria yang akrab disapa Dani ini sesuai pelatihan baris – berbaris yang dilaksanakan di Lapas Kelas IIA Cikarang yang terletak di Jalan Cilampayan, Desa Pasir Tanjung Kecamatan Cikarang Pusat, Kabupaten Bekasi. 

Lanjut Dani, sebelumnya mereka (warga binaan) telah mengikuti apel dan pengecekan narapidana, dan menerima pengarahan dari Wali Pemasyarakatan. 

“Para narapidana dalam mengikuti kegiatan pembinaan, termasuk latihan baris berbaris yang dapat membentuk jiwa disiplin, patuh, dan taat,” paparnya. 

Dani mengatakan, latihan baris – berbaris dilaksanakan dengan pembagian kelompok, dan para narapidana dilatih langsung oleh petugas Lapas Cikarang, dan anggota Pramuka Lapas Cikarang dengan pengawasan dari Wali Pemasyarakatan, Komandan Jaga, serta Paste Blok.

“Setelah sesi latihan yang intensif, kegiatan ditutup dengan doa bersama, sebagai bentuk harapan agar narapidana terus mendapatkan pembinaan dan kesadaran diri untuk memperbaiki diri,” tandasnya. 

Sementara itu ditempat yang sama, Kepala Lapas Cikarang, Veri Johannes mengatakan, pihaknya berharap kegiatan seperti ini dapat terus berjalan guna terselenggaranya pembinaan bagi narapidana dan menciptakan narapidana yang memiliki jiwa disiplin, patuh dan taat serta para narapidana dapat mengembangkan keterampilan disiplin dan menjalani kehidupan yang lebih teratur.

Penulis / Reporter : Buhori

Editor   : Tiar

One thought on “Lapas Kelas IIA Cikarang Melakukan Pembinaan Narapidana dengan Baris – Berbaris

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

TOP