Beranda » Lurah Muda Kelurahan Bahagia Punya Program Jitu yang Inovatif dan Inspiratif

Lurah Muda Kelurahan Bahagia Punya Program Jitu yang Inovatif dan Inspiratif

Jaringanpublik.com, Kabupaten Bekasi – Kelurahan Bahagia merupakan salah satu kelurahan yang terletak disebelah utara Kabupaten Bekasi. Kelurahan ini memiliki warga sekitar 123.000 jiwa. Dari banyaknya warga ini, tentunya perlu sosok pemimpin yang mengayomi, melindungi, dan melayani masyarakat. 

Kelurahan yang memiliki motto “Terwujudnya Kelurahan yang Maju, Nyaman, dan Sejahtera”. Kelurahan ini dipimpin oleh Khoirul Anwar S.STP., M.Si., beliau adalah seorang lurah muda inovatif, konsisten, dan berprestasi. Banyak penghargaan yang telah dia sabet salah satunya penghargaan ASN berprestasi dan Lurah responsif Kabupaten Bekasi 2022 (source IG kelurahanbahagia).
Dalam wawancaranya kepada tim media jaringanpublik.com, Lurah Kelurahan Bahagia, Khoirul Anwar S.STP., M.Si mengatakan, dirinya pada tahun 2023 ini memiliki program unggulan yaitu pelayanan dasar dan keamanan. Dalam pelayanan dasar, bahwa telah mengaplikasikan pelayanan secara online yang bisa diakses oleh seluruh warga Kelurahan Bahagia. Yang mana pelayanan itu dibuat datanya dari pengantar- pengantar yang ada, dari RT dan RW.
“Pelayanan dasar ini dibuat dari pengantar-pengantar yang ada, yaitu RT RW dan ada 33 jenis pelayanan,” ucap Khoirul kepada jaringanpublik.com, di Kantor Kelurahan Bahagia, pada Kamis (03/08/23). 
Selain itu, Khoirul mengungkapkan, dari sisi keamanan bahwa Kelurahan Bahagia telah memasang 10 titik CCTV area di perbatasan Kelurahan Bahagia, di antaranya di jembatan Balinda, pertigaan Ciplak At-Taqwa, Babelan Kota, dan di 7 titik lainnya. Yang mana semuanya dipantau di dalam kantor kelurahan. 
“Fungsi pengawasan secara intern terhadap aktifitas dan sweeping tetap dijalankan, tetapi alat pendukung yang kita mutakhirkan ini akan menjadi bentuk nyata jika ada rekaman tersebut,” kata Khoirul.
Tidak hanya itu saja, sambung Khoirul, bahwa penanganan stunting di masyarakat juga sudah ditangani. 
“Kita sudah melakukan tracking ke wilayah – wilayah khususnya RT dan RW bersama dengan puskemas dan posyandu. Kita mengurangi angka stunting dengan menciptakan kehidupan yang sehat terhadap masyarakat yang mengalami gizi buruk. Baik secara edukasi dan prakteknya sudah ada penekanan dari pemerintah,” bebernya. 
Belum puas sampai disitu, Lurah muda yang inovatif ini mengatakan, bahwa Kelurahan Bahagia sudah punya marketplace sendiri yang dinamai “Pasar Rakyat Bahagia”. Yang sistem kerjanya seperti gojek online. 
“Jadi kita juga ada drivernya, dan drivernya itu dari masyarakat kita, yang berjualan juga yang ada di RT RW sini,” ungkapnya. 
Meski begitu, masih kata Khoirul, Kelurahan Bahagia masih memiliki tugas yang belum terealisasikan salah satunya penangan banjir di area sektor PUP. Dan saat ini masih dalam proses kajian penanggulangannya oleh tim ahli. Walau begitu, beliau berpesan kepada masyarakat agar tetap menjaga kaidah-kaidah keindahan dan kebersihan, serta meminta agar saluran saluran air tidak ditutup.
Terakhir, Khoirul berharap agar Kelurahan Bahagia kedepannya bisa lebih baik lagi, masyarakatnya bisa hidup makmur, serta siklus kehidupan masyarakat nya nyaman aman, dan intinya semuanya diberkahi.
Penulis/Reporter : Rahmat. H
Editor : Tiar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

TOP