Beranda » Debat Capres 2024, Anies Baswedan Sindir Gibran dan Sebut Aturan Banyak Ditekuk Demi Kepentingan Penguasa

Debat Capres 2024, Anies Baswedan Sindir Gibran dan Sebut Aturan Banyak Ditekuk Demi Kepentingan Penguasa

Jaringanpublik.com, Jakarta – Calon presiden Anies Baswedan mendapatkan kesempatan pertama untuk menyampaikan visi misi dalam debat calon presiden perdana di Gedung Komisi Pemilihan Umum (KPU), Jakarta Pusat, Selasa (12/12/2023) malam. Dia menyampaikan visi dan misinya dalam bidang penegakkan hukum.

Dalam pemaparannya, Anies menyatakan belakangan ini penguasa sering membelokkan aturan hukum demi kepentingannya sendiri.

“Kita menyaksikan betapa pada hari-hari ini ketika kita menyelenggarakan pemerintahan sering tidak sesuai dengan prinsip-prinsip hukum yang kita pegang,” ujarnya.

Menurut Anies, hukum seharusnya menjadi rujukan utama untuk memastikan hadir rasa keadilan, memberikan kebermanfaatan, dan memberikan kepastian kepada semua.

“Tapi apa yang terjadi? Banyak aturan ditekuk sesuai dengan kepentingan yang sedang memegang kekuasaan,” kata Anies.

Anies berujar Indonesia adalah negara hukum, di mana seharusnya kekuasaan diatur oleh hukum. Namun, dia berujar yang terjadi adalah sebaliknya, yaitu kekuasaan yang mengatur hukum. Hal tersebut, kata Anies, membuat Indonesia menjadi bukan negara hukum tapi negara kekuasaan.

Dalam penjelasannya, Anies juga menyindir calon wakil presiden Gibran Rakabuming Raka yang menjadi pendamping Prabowo Subianto. Menurut Anies, saat ini Indonesia memiliki seorang milenial yang bisa menjadi Cawapres. Namun, kata dia, keistimewaan tersebut tidak berlaku bagi kebanyakan orang-orang muda di Indonesia.

“Hari ini ada satu orang milenial bisa menjadi calon wakil presiden, tetapi ada ribuan di dunia generasi Z, yang peduli pada anak bangsa, yang peduli pada mereka yang termarjinalkan,” ucapnya.

Akan tetapi, kata Anies, orang-orang muda lainnya justru sering dihadapi dengan kekerasan ketika mereka mengungkapkan pendapat ketika mereka mengkritik pemerintah.

Debat capres dan cawapres malam ini merupakan yang pertama dari lima rangkaian yang telah disusun oleh KPU menghadapi Pilpres 2024. Debat capres pertama ini mengambil tema soal pemerintahan, hukum, hak asasi manusia atau HAM, penguatan demokrasi, peningkatan pelayanan publik, dan kerukunan warga.

Redaksi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

TOP