Beranda » Bea Cukai Bekasi dan Satpol PP Kab. Bekasi Sukses Gelar Training of Trainer Identifikasi Pita Cukai di Bandung

Bea Cukai Bekasi dan Satpol PP Kab. Bekasi Sukses Gelar Training of Trainer Identifikasi Pita Cukai di Bandung

Jaringanpublik.com, Kabupaten Bekasi – Dikutip dari website Kementerian Keuangan Direktorat Jenderal Bea dan Cukai KPPBC TMP A Bekasi. Bea Cukai Bekasi berkolaborasi dengan Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Bekasi adakan Training of Trainer (ToT) Identifikasi Pita Cukai. Acara ini diadakan di Green Forest Hotel Bandung. Acara ini diikuti 25 orang pegawai terpilih dan dilaksanakan selama 2 hari pada 15 sampai dengan 16 Mei 2024.

Acara dibuka oleh Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Provinsi Jawa Barat M Ade Afriandi. Dalam kesempatan ini Ade mengingatkan kepada peserta bahwa acara ini dimaksudkan untuk meningkatkan kemampuan (upgrading skill)  para petugas di lapangan dalam mengidentifikasikan pita Cukai. “Mereka harus mempunyai kemampuan teknis yang memadai sehingga bisa membedakan antara pita cukai asli dengan yang palsu,” kata Ade dalam sambutannya di sesi acara. 

Masih kata Ade, jemampuan ini menjadi hal penting yang harus dimiliki oleh setiap petugas terutama mereka yang terlibat dalam operasi bersama pemberantasan rokok illegal.  “Tantangan ke depan menjadi kian nyata mengingat adanya pergeseran modus operandi penyebaran rokok ilegal dari semula dalam bentuk rokok polos kini bergeser (shifting modus operandi) menjadi rokok salah peruntukan dan rokok salah personifikasi,” tutupnya. 

Sementara itu ditempat yang sama, Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Bekasi, Surya Wijaya menyampaikan, bahwa kegiatan kali ini merupakan bagian dari program pemanfaatan DBH CHT di bidang penegakan hukum.  “Terdapat 3 program utama dalam bidang penindakan hukum yaitu program sosialisasi ketentuan di bidang Cukai,  program pemberantasan  barang keba cukai (BKC) illegal dan program pembinaan industri,” ujarnya. 

Bertindak sebagai narasumber pada kegiatan ToT,  Kepala Seksi Penyuluhan dan Layanan Informasi Bea Cukai Bekasi, Undani menjelaskan, tentang overview  cukai serta fungsi dan peranan pita cukai. Pada pemaparan materi juga dijelaskan informasi pita cukai meliputi  desain, warna  dan cara pelekatan. “Disesi praktik juga dilaksanakan pengenalan dan identifikasi pita cukai, cara membedakan pita cukai asli dan palsu serta langkah-langkah dan proses identifikasi,” paparnya. 

Dalam kegiatan praktik langsung dipandu Dedek Hartanto,  Pelaksana Pemeriksa pada unit Penindakan dan Penyidikan Bea Cukai Bekasi.

Diperlukan sinergi dan kolaborasi antara Bea dan Cukai dengan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) lainnya tidak hanya dengan Satpol PP dalam mengoptimalkan penggunaan DBHCHT. Rangkaian program dan kegiatan yang telah diagendakan harus menghasilkan tidak hanya out put tetapi jauh lebih penting menghasilkan dampak (impact) bagi peningkatan kesadaran masyarakat, peningkatan kemampuan petugas serta lebih jauh lagi peningkatan kesejahteraan masyarakat terurtama para petani tembakau dan para buruh industri rokok.

Penulis : Redaksi 

Editor    : Redaksi

TOP