Beranda » Gempa Bumi 3,5 Magnitudo Guncang Sulawesi Selatan dan 5,0 Magnitudo Guncang Maluku Utara, BMKG: Tidak Berpotensi Tsunami

Gempa Bumi 3,5 Magnitudo Guncang Sulawesi Selatan dan 5,0 Magnitudo Guncang Maluku Utara, BMKG: Tidak Berpotensi Tsunami

Jaringanpublik.com, Sulsel – Gempa bumi berkekuatan magnitudo (M) 3,5 mengguncang Kabupaten Luwu Timur, Sulawesi Selatan (Sulsel). Gempa dilaporkan berpusat di darat pada kedalaman 10 km.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyampaikan informasi gempa pada Selasa (28/11/2023). Gempa Luwu Timur terjadi pada pukul 19.40 Wita.

“Gempa Mag:3,5,” tulis BMKG melalui akun X-nya @infoBMKG.

BMKG melaporkan gempa terjadi pada koordinat 2.39 derajat lintang selatan dan 120.91 derajat bujur timur. Gempa berjarak 36 km dari barat laut Luwu Timur.

“36 km barat laut Luwu Timur, Sulsel. Kedalaman 10 km,” terang BMKG.

Belum ada informasi terkait dampak gempa yang terjadi. Termasuk ada tidaknya kerusakan dan korban jiwa.

“Informasi ini mengutamakan kecepatan, sehingga hasil pengolahan data belum stabil dan bisa berubah seiring kelengkapan data,” lanjut BMKG.

Sementara itu, gempa bumi terkini berkekuatan magnitudo (M) 5,0 juga mengguncang wilayah Daruba, Kabupaten Pulau Morotai, Maluku Utara (Malut). Gempa dilaporkan berpusat di laut dan tidak berpotensi tsunami.

“Gempa magnitudo: 5,0” tulis Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) dalam akun X-nya @infoBMKG, Selasa (28/11/2023).

BMKG melaporkan gempa Daruba terjadi pada pukul 20.03 WIT. Lokasi gempa tepatnya di koordinat 2.04 derajat lintang utara dan 129.00 derajat bujur timur.

“78 Km tenggara Daruba, Malut. Kedalaman 10 kilometer,” tulis BMKG.

BMKG menambahkan informasi gempa mengutamakan kecepatan, sehingga hasil pengolahan data belum stabil dan bisa berubah seiring kelengkapan data.

“Tidak berpotensi tsunami,” terang BMKG.

Redaksi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

TOP